Hati-Hati Mengkonsumsi Vitamin C

Konsumsi vitamin di masyarakat sudah menjadi kebiasaan, hal itu ditambah pula dengan banyaknya iklan mengenai fungsi vitamin bagi tubuh kita, mulai dari menambah nafsu makan, memperbaiki tingkat imunitas tubuh sampai kepada hal yang berhubungan dengan menaikkan tingkat kebugaran seseorang. Namun masyarakat relative tidak mengetahui side effect atau efek samping dari penggunaan vitamin dalam jangka waktu panjang dan penggunaan yang tidak terkontrol.

Vitamin merupakan suatu subyek organic yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang kecil. Vitamin tidak disintesis oleh tubuh kita, atau disintesis dalam jumlah yang kecil atau tidak mencukupi, sehingga kita harus mencukupi kebutuhan vitamin ini dengan asupan vitamin dari luar melalui makanan yang bergizi. Menurut kelarutannya vitamin terbagi menjadi vitamin yang larut lemak yaitu vitamin A,D,E, dan K serta vitamin yang larut air yaitu B, dan C.

Di pasaran, vitamin ini termasuk golongan obat yang dapat diperjualbelikan secara bebas. Vitamin tersedia dalam bentuk tunggal yang berisi hanya satu jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan bentuk kombinasi yaitu multivitamin seperti vitamin B kompleks.

Pada orang yang normal yang tidak mengalami sakit dan tidak dalam kondisi yang membutuhkan asupan vitamin yang banyak, maka kebutuhan vitamin ini dapat tercukupi oleh konsumsi makanan sehat, meskipun memang ada beberapa kondisi yang membutuhkan vitamin dalam jumlah banyak, seperti kondisi malnutrisi, defisiensi vitamin, dan keadaan lainnya. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan vitamin yang berlebihan pada orang normal yang kondisinya tidak membutuhkan vitamin dalam jumlah banyak, maka penggunaan yang berlebihan tersebut akan menimbulkan efek yang tidak diharapkan.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, dari berbagai jenis vitamin yang ada, masyarakat paling banyak mengkonsumsi vitamin C. baik dalam bentuk tunggal maupun kombinasi multivitamin. Baik yang mempunyai bentuk sediaan ( dosage form ) tablet, ataupun bentuk sediaan lainnya seperti effervesen maupun dalam bentuk liquid atau cairan.

Vitamin C merupakan vitamin yang larut air. Vitamin ini dieksresikan dari dalam tubuh melalui ginjal dan tidak disimpan dalam tubuh dalam jumlah besar, sehingga terdapat kemungkinan untuk defisiensi vitamin ini. Vitamin C berfungsi diantaranya untuk hidroksilasi prolin, dan pembentukan kolagen. Dalam satu hari vitamin C diperlukan tubuh kira- kira 100 mg.

Meski merupakan komponen penting dari tubuh, penggunaan atau asupan vitamin ini tetap harus diperhatikan dan tidak boleh berlebihan. Pada penggunaan yang berlebihan vitamin C dapat mengakibatkan resiko gigi berlubang dan resiko untuk terkena osteoporosis.

Asupan yang banyak dari vitamin C menimbulkan efek kompensasi yaitu vitamin C tersebut dieksresikan dalam jumlah banyak pula dari dalam tubuh. Ketika dieksresikan atau dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urin, vitamin C mengikat kalsium untuk sama-sama dikeluarkan dari dalam tubuh.

Pada penggunaan jangka panjang, kalsium yang dieksresikan pun semakin banyak. Kalsium yang pertama kali diikat oleh vitamin C untuk dikeluarkan adalah kalsium yang berasal dari gigi, sehingga ketika banyak kalsium yang dieksresikan berkorelasi dengan kekurangan kalsium gigi yang mengakibatkan gigi mudah berlubang dan rapuh.

Selain kalsium gigi, vitamin C mengikat kalsium yang berasal dari tulang-tulang. Asupan yang berlebihan dapat mengikat kalsium tulang lebih banyak pula untuk dieksresikan dari tubuh. Yang dalam jangka waktu lama tulang akan kehilangan kalsium yang berakibat dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

Oelh karena itu hendaknya kita bijak dalam menggunakan vitamin, terutama vitamin C ini agar tidak menimbulkan efek yang merugikan bagi tubuh kita sendiri. Dan meskipun vitamin C merupakan obat yang bebas diperjualbelikan, hendaknya meminta saran ahli dalam penggunaannya. Dan semoga kita menjadi semakin melek kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: